Loading

wait a moment

Apa Itu Human Resource Management Dan KPI HRD Manager Kalau Perusahaan Ingin Maju

Dalam perusahaan, aset paling penting adalah sumber daya manusia yang bekerja di dalamnya. Oleh karena itu harus ada sistem yang tertata terlebih dahulu untuk mengatur sebuah perusahaan. Untuk menjadikan perusahaan menjadi maju, pimpinan perusahaan harus mengerti setiap jobdesk yang dilakukan oleh bawahannya. Setiap pekerjaan harus dikerjakan dengan baik dan sesuai dengan kompetensi dari karyawan. Selain itu penghargaan dan hukuman juga harus diterapkan dalam sebuah perusahaan. Dengan memberikan penghargaan atau reward karyawan akan merasa lebih dihargai dalam bekerja. Sedangkan hukuman berfungsi sebagai peringatan kepada karyawan jika melakukan sebuah kesalahan. Semua hal tersebut memang tidak harus dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Maka, sebuah perusahaan juga harus memiliki Human Resource Management atau Manajemen Sumber Daya Manusia. Bagian ini memiliki tugas untuk mengatur setiap kerja karyawan agar kinerja karyawan meningkat. Dengan meningkatnya kinerja karyawan maka perusahaan dapat maju dengan cepat.

Pengertian Human Resource Management

Jika membahas Human Resource Management maka akan sangat banyak membicarakan tentang tatacara mengelola sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan. Karena Pengertian Human Resource Management sendiri merupakan elemen penting dari sebuah perusahaan untuk mengatur jalannya perusahaan dengan mengelola SDM di dalamnya. HRM sangat berperan penting untuk mengelola SDM dan memberikan hasil secara maksimal melaluli loyalitas tinggi dari karyawan. Selain itu HRM juga bertugas untuk mengarahkan karyawan agar sesuai dengan budaya dan tujuan dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jajaran yang mengisi kursi HRM harus memiliki profesionaliat yang tinggi serta dapat diandalkan untuk mengelola SDM perusahaan.

Dalam jajaran HRM harus melakukan segala upaya untuk meningkatkan kinerja dari karyawan. Untuk meningkatkan kerja karyawan, HRM harus melakukan banyak kegiatan. Seperti training, coaching, dan motivation.  Dengan melakukan hal tersebut maka jajaran HRM akan mengetahui tingkat kinerja karyawan demi majunya sebuah perusahaan. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa, menjaga kinerja karyawan dapat dilakukan dengan memberikan bimbingan serta arahan. Selain itu karyawan juga membutuhkan sebuah reward  demi kenyamanan dalam sebuah perusahaan.  Pengelolaan karyawan yang dilakukan oleh HRM menjadi kunci penting agar roda perusahaan terus berjalan. Apalagi dengan daya saing pada era globalisasi yang membuat perusahaan harus mampu bersaing secara fair. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan HRM untuk meningkatkan kinerja karyawan.

  1. Memberikan ruang SDM atau karyawan untuk berkembang menjadi pribadi yang berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi.
  2. Meningkatkan kompetensi SDM dengan terus melakukan pemanfaatan, penguasaan dan peningkatan pengetahuan.
  3. Meningkatkan kinerja karyawan dengan melakukan coaching pada setiap kompetensi yang dimiliki.
  4. Pembuatan KPI untuk karyawan agar memiliki target untuk bekerja.

KPI dan Tugas HRD Manager

Dalam sebuah perusahaan, adalnya KPI (Key Perfomance Indicator) sangat berguna untuk meningkatkan kinerja karyawan. Karena ada peran pentng antara KPI dan Tugas HRD Manajer. KPI adalah sebuah target yang diberikan oleh atasan ata pimpinan perusahaan pada karyawan. Maka KPI adalah sebuah ukuran kuantitatif dari karyawan, untuk mengukur kinerja dalam pemenuhan tujuan sebuah perusahaan. Maka seorang karyawan harus menyusun KPI sesuai jobdesk yang diberikan. Selain menunjukan kinerja dari seorang karyawan, KPI juga berfungsi untuk mengontrol porsi kekurangan dan kelebihan dalam pencapaian target perusahaan. Misalkan seorang sales ditarget untuk melakukan penjualan sebesar 1 milyar dalam setahun. Namun sales tersebut hanya mencapai 900 juta. Sehingga secara aktual, seorang sales masih kurang 100 juta dari target. Dengan begitu, para staff HRM dapat melihat dan mengukur kinerja dari semua karyawan. Dengan begitu HRM dapat menentukan akan memberikan reward atau punisment pada karyawan. Peran HRM juga sangat penting untuk pembuatan KPI. Para jajaran HRM harus memberikan pelatihan atau coaching pada karyawan tentan tatacara pembuatan KPI. Hal tersebut untuk menjaga arah tujuan dari sebuah perusahaan.

Disini peran HRD Manajer menjadi sangat penting. Karena HRD harus tetap dalam memilih karyawan agar bisa mencapai target. Maka saat perusahaan membuka recruitment karyawan, jajaran HRD harus tetap dalam memutuskan pemilihan karyawan. Dengan begitu perusahaan bisa percaya pada karyawan untuk pencapaian target. Kinerja karyawan dapat dilihat saat wawancara maupun pengetesan lainnya.

Tugas HRD sendiri memang sangat penting dalam jalannya roda perusahaan. Karena HRD dalam perusahaan memiliki tugas sebagai berikut,

  1. Melakukan Rekrutmen
  2. Administrasi Kepegawaian
  3. Pelatihan dan Pengembangan
  4. Kompensasi dan Benefit
  5. Manajemen Kinerja
  6. Perencanaan Karir
  7. Hubungan Karyawan
  8. Separation Management

Dari hal yang disampaikan diatas maka bisa disampaikan bahwa tugas dari HRM dan HRD memang hampir sama. Dan biasanya jajaran HRM akan bekerja sama dengan HRD untuk meningkatkan kinerja dari semua karyawan dalam perusahaan. Kunci utamanya adalah mengelola SDM dalam perusahaan sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *