Loading

wait a moment

Pengertian, Tujuan Dan Prinsip Good Corporate Governance Yang Perlu Diketahui

Dalam dunia usaha good corporate governance (GCG) menjadi tuntutan penting agar sebuah perusahaan tersebut tetap eksis di dalam persaingan usaha. Untuk era globalisasi ini, GCG menjadi sebuah pendekatan fungsional yang memiliki orientasi tentang cara untuk menjaga efisiensi perusahaan tetap terjaga. Sehingga keuntungan perusahaan akan tercapai dengan tepat bahkan bisa melampaui target. Oleh karena itu diperlukan kedisiplinan untuk mengawasi sistem kerja dalam sebuah perusahaan. Dalam dunia kerja, GCG menjadi sebuah konsep untuk mengelola sistem yang berjalan dalam sebuah berusahaan. Hal tersebut meliputi pentingya pemegak saham untuk memperoleh segala informasi. Selain itu perusahaan juga harus melakukan pengungkapan data secara akuran dan transparan.

Dalam dunia bisnis yangs sehat, adanya penyelenggaraan fungsi perusahaan yang sesuai dengan kaidah manajeman dilakukan untuk memberikan layanan yang memiliki kualiatas yang tinggi dan bermutu. Serta menunjukan bahwa kerja sebuah perusahaan dijalankan secara konsisten dan berkesinambungan. Oleh karena itu GCG sangat harus dimiliki sebuah perusahaan untuk menjaga aset dan melayani pemegang saham secara maksimal. Jadi dalam dunia bisnis, GCG adalah peranan yang penting juga vital. Karena jika tidak terlaksana dengan baik akan menganggu sistem kerja dan tujuan dari sebuah perusahaan itu sendiri. oleh karena itu tugas atasan ata direktur sangat penting dalam memegah teguh konsep ini. Hal tersebut untuk mencapai tujuan dari GCG dan harus sesuai dengan prinsip GCG.

Good Corporate Governance Adalah

Dalam dunia kerja Good Corporate Governance adalah konsep untuk meningkatkan sistem transparansi serta akuntabilitas dengan tujuan terjaminnya dan tercapainya sistem kerja yang efisien. Atau dengan kata lain GCG merupakan sistem untuk mengatur sebuah perusahaan untuk menciptakan nilai lebih pada setiap stakeholder. Dalam dunia bisnis di Indonesia GCG dapat diartikan sebagai konsep perusahaan yang mumpuni dan transoaran. Hal ini dapat meliputi transparasi sistem kerja kepada pemagang saham serta pengungkapan segala informasi yang ada dalam perusahaan secara akurat kepada semua stakeholder.

Good Corporate Governance (GCG) pada dasarnya merupakan sebuah sistem dan segala perangkat peraturan yang mengatur hubungan antara stakeholder dengan pemegang saham, dewan direksi dan dewan komisaris. Jadi konsep GCG adala peranan penting tentang sistem roda perusahaan yang berjalan. Hal tersebut untuk mencegah adanya kesalahan – kesalahn dalam menentukan strategi dalam perusahaan. Dan jika terjadi sebuah kesalahan maka akan mampu diperbaiki secara baik dan maksimal.

Tujuan Dan Prinsip Good Corporate Governance

Untuk sebuah perusahan wajib hukumnya menerapakan tujuan dan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Hal tersebut untuk menjaga ke-eksisan perusahaan dalam persaiangan pada era global ini. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas satu persatu mengenai tujuan dan prisnsip GCG dalam sebuah perusahaan. Yang pertama adalah tujuan dari GCG.

  1. Untuk mendapatkan pengembangan dan meningkatkan nilai dari sebuah perusahaan.
  2. Untuk mendapatkan pengelolaan sumber daya serta resiko yang efektif dan efisien.
  3. Untuk melakukan peningkatan disiplin dan tanggung jawab dari organ penting perusahaan demi selalu menjaga kepentingan pada setiap stakeholder dan shareholder dalam sebuah perusahaan.
  4. Untuk melakukan peningkatan kintribusi perusahaan dala menghadapi perekonomian nasional.
  5. Meningkatkan investasi dari sebuah perusahaan.
  6. Menyuksesan segala tujuan dari perusahaan demi berlangsungnya kemajuan perusahaan.

Selain tujuan, GCG juga memiliki prinsip yang harus dipegang saat menjalankan sebuah konsep perusahaan. Beriku ini adalah prinsip dari GCG dalam sebuah perusahaan.

  1. Tranparansi

Tranparansi disini meliputi pelaporan segala informasi tentang kinerja perusahaan kepada pemegang saham.

  1. Kemandirian

Prinsip kemandirian dimaksudkan dengan sistem kelola perusahaan yang dilakukan secara profesional tanpa ada benturan kepentingan dan pengaruh tekanan dari pihak manapun

  1. Akuntabilitas

Prinsip ini merupakan prinsip yang meliputi pelaksanaan serta pertanggung jawaban kerja sebuah perusahaan sehingg perusahaan dapat berjalan secara efektif.

  1. Kewajaran

Yaitu prinsip keadilan dan kesetaraan dalam sebuah perusahaan untuk memenuhi semua hak stakeholder sesuai dengan perjanjian yang sedah disepakati dan sesuai dengn peraturan dalam sebuah perusahaan.

Good Corporate Governance (GCG) sangat diperlukan untuk selalu menjaga konsistensi dalam sebuah perusahaan. Dalam Good Corporate Governance (GCG) didukung dengan adanya 3 pilar yang harus saling berhubungan. Yaitu pilar Negara sebagai regulator, dunia usaha sebagai pelaku pasar dan masyarakat sebagai pengguna atau konsumen. Dari prinsip Good Corporate Governance (GCG)  sendiri harus menghasilkan ke-efisiensian dan penciptaan keuntungan ekonomi untuk menjaga keberlangsungan sebuah perusahaan. Maka sebuah perusahaan harus selalu menjaga tiga pilar tadi agar tidak saling terlepas. Jika ada masalah dari salah satu pilar maka akan sangat menganggu kerja dari semua pilar. Sehingga akan berakibat pada fungsi dari sebuah perusahaan dan berimbas pada keuntungan perusahaan. Maka dapat disimpulkan bahwa setiap perusahaan harus selalu menjaga konsep dari Good Corporate Governance (GCG) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *